Rabu, 01 Mei 2013

Kisi - kisi RPL


1. Jelaskan langkah2 yang saudara lakukan dalam menentukan perangkat lunak yang ingin saudara buat?
- Menentukan tujuan untuk apa perangkat lunak itu dibuat
- Menentukan user/pemakai yang menggunakan perangkat lunak tersebut
- Membuat rancangan perangkat lunak yang akan dibuat
- Menentukan bahasa yang akan digunakan


2. Apa perbedaan rekayasa perangkat sistem dengan rekayasa perangkat lunak?
a. Rekayasa Sistem berhubungan dengan semua aspek pengembangan sistem berbasis komputer, termasuk perangkat keras, perangkat lunak dan rekayasa proses.
b. Rekayasa Perangkat Lunak adalah bagian dari Rekayasa Sistem. RPL hanya membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

3. Apa yang dimaksud dengan perangkat lunak dan berikan contohnya?
Perangkat Lunak adalah suatu aplikasi program komputer yang didalamnya terdapat program itu sendiri, konfigurasi yang digunakan, dokumentasi yang menjelaskan struktur sistem, dokumentasi yang menjelaskan bagaimana menggunakan sistem dan informasi tentang versi terbaru. Produk perangkat lunak dikembangkan sesuai dengan siapa pemakai pernagkat lunak tersebut. Contohnya : Perangkat lunak sistem operasi pada telepon yaitu Android yang bisa dikembakan lagi.

4. Aplikasi perangkat lunak ada yang generik/general dan spesifik. Jelaskan dan berikan contoh masing2.
a. Produk Generik adalah produk perangkat lunak yang bisa dijual di pasar terbuka. Contohnya : Sistem operasi windows 8 yang dapat ditemukan ditoko-toko penjual software
b. Produk Spesifik adalah produk perangkat lunak yang dibuat dan dijual sesuai pesanan dari user/pemakai. Contohnya : Sistem aplikasi perangakat lunak parkir mobil biasanya dibuat berdasarkan pesanan user/pemakai.
c.
5. Sebutkan komponen dari rekayasa perangkat lunak?
– Deskripsi Model Sistem: representasi dari notasi untuk mendefinisikan model sistem.
– Aturan: batasan yang selalu berlaku bagi model sistem.
– Rekomendasi: karakteristik yang mengkarakterisasi praktek perancangan yang baik.
– Panduan Proses: deskripsi kegiatan untuk

6. mengembangkan model sistem dan organisasiAda berbagai perangkat lunak yang bisa dibuat berdasarkan fungsi. Sebutkan 3 dan berikan contohnya.
     a.Interfacing perangkat lunak ini menghubungkan suatu perangkat lunak keras tertentu, seperti hardware driver, interface dengan perangkat keras lain. Contohnya : Driver kameran, hanphone atau perangakat keras lainya.
      b. Operating system perangakat lunak yang menjalankan sistem komputer dan merupakan interface dari sistem komputer dan program aplikasi yang berjalan diatasnya. Contohnya : Microsoft Windows, Linux, Unix dsb
c    c. Program aplikasi program ini digunakan untuk keperluan tertentu, yang tujuannya membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Program aplikasi ini tergantu pada kebutuhan dari program itu sendiri, contoh : program office, graphics design, multimedia dll.

7. Model proses pengembangan perangkat lunak waterfall berikan urutan tahapannya?
- Definisi kebutuhan sistem
- Rancangan sistem
- Implementasi & unit testing
- Integrasi & sistem testing
- Operasi & perawatan

8. Model prototyping gambarkan diagramnya dan berikan contohnya


Contohnya : contoh prototype andoid yang dapat dikembangan lagi.

9. Apa yang dimaksud dengan front end user dan back end user?
a. Front end user adalah interface yang dihadapi oleh user/pemakai. Orang yang berperan sebagai pengguna aplikasi.
b. Back end user dalah interface yang dihadapi oleh orang yang membuat aplikasi, jadi dapat memelihara aplikasi tersebut. Orang yang tau seluk beluk aplikasi tersebut

10. Dalam mendesain sistem saudara bisa menggunakan model desain database. Jelaskan model database mengunakan UML ( Unit Model Database) untuk desain berbasis obyek.

UML meruapakan salah satu alat bantu yang sangat membatu dalam bidang pengembangan sistem berorientasi objek karena UML menyediakan bahasa permodelan visual yang memungkinkan pengembang sistem membuat blue print atas visinya dalam bentuk baku UML berfungsi sebagai jebatan dalam mengkomunikasikan beberapa aspek.

11. Apa yang saudara ketahui tentang 
a. Data flow diagram merupakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan sistem yang sedang berjalan logis.
b. Diagram alir dokumen merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah
c. Flowchart adalah sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah
d. Antity relationship diagram merupakan model data berupa notasi grafis dalam pemodelan data konseptual yang menggambarkan hubungan antara penyimpan.
e. Model Relasionalmerupakan model database berdasarkan logika urutan pertama
f. Usecase diagram adalah diagram yang Menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem
g. Class diagram adalah diagram UML yang menggambarkan kelas-kelas dalam sebuah sistem dan hubungannya antara satu dengan yang lain, serta dimasukkan pula atribut dan operasi.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar